Selasa, 04 Oktober 2016

3 MODEL LAYANAN CLOUD COMPUTING (IAAS, PAAS, DAN SAAS)

3 MODEL LAYANAN CLOUD COMPUTING (IAAS, PAAS, DAN SAAS)

A.    SAAS (SOFTWARE AS A SERVICE)
Layanan cloud yang paling dahulu populer, merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider). Pelanggan dapat menggunakan SaaS dengan cara berlangganan atau pay per-use sehingga tidak perlu investasi IT Memiliki keterbatasan dalam pemanfaattan fitur aplikasi, karena multi-tenant, maka fitur-fitur biasanya bersifat umum.
Contoh layanan SaaS:
1.      Jasflin.com
Gambar 1. Jasfilin.com
 Jasfilin.com” , yaitu merupakan software akuntansi cloud computing pertama di Indonesia. Untuk sebagian besar orang yang tidak memiliki paham di bidang akuntansi pasti baru mengenal situs ini pertama kali sebagai salah satu bentuk dari cloud computing.
Dikembangkan oleh PT Prosperita Sistem Indonesia, yang juga menjadi distributor antivirus ESET NOD32 asal Slovakia, meluncurkan sistem akuntansi pertama di Indonesia yang menggunakan cloud computing. Dengan cloud computing, user hanya memerlukan koneksi internet untuk mengerjakannya tanpa instalasi software apapun.
Jasfilin.com adalah sistem akuntansi yang dibuat dengan sederhana, mudah dan tentunya tetap menomor satukan keamanan data pengguna. Jasfilin.com diambil dari kata Just Fill In, dan seperti namanya aplikasi ini dapat menghemat biaya sebuah perusahaan karena produk tersebut tidak memerlukan instalasi software. Hanya tinggal masuk ke website dan mengisi data sesuai nama pengguna dan password  layaknya mengakses facebook. Jasfilin.com memberikan kelebihan dan kemudahan dengan jumlah user tidak terbatas. Dibandingkan dengan software yang di install, jika anda memakai software yang di-install, user biasanya dibatasi dan aplikasi hanya dipakai di komputer dimana software tersebut ter-install.
2.      Prezi.com
Gambar 2. Prezi.com
         Gambar 3. Prezi.com
Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.
Walau memiliki banyak keunggulan, software hasil ciptaan Adam Somlai-Fischer ini juga tak terlepas dari beberapa kelemahan. Sifatnya yang merupakan software online membuat para penggunanya tentu harus selalu dalam keadaan online dalam setiap proses pembuatannya. Jadi buat Anda yang memiliki koneksi internet lambat, tentu harus sedikit bersabar akibat proses editing menjadi sedikit lebih lama. Selain itu, karena menggunakan zoomable canvas, mungkin saja bagi audience yang tidak terbiasa malah menjadi ‘pusing’ karena melihat slide dengan putaran huruf-huruf yang membesar ataupun mengecil secara kontinyu, walau sebenarnya ini lebih tergantung kepada yang membuat slide presentasi untuk bagaimana presentasinya nyaman dilihat.
Dengan memanfaatkan media online prezi.com guru atau tenaga pendidik bisa melakukan proses belajar blended learning walaupun mayoritas kegitan belajarnya harus tatap muka. Pertama sebaiknya guru atau tenaga pendidik membuat akun facebook yang nama akunya disesuaikan dengan kelas berapa dia mengajar. Karena prezi.com secara langsung sudah terintegrasi dengan facebook jadi ketika kita masuk situs prezi.com tidak usah lagi membuat akun tetapi gunakan saja akun facebook.
3.      Xeosoftware.com
Gambar 4. Xeosoftware.com
Gambar 5. Xeosoftware.com
Xeo Software adalah penyedia berbasis di San Antonio adat software bisnis dengan fungsi mulai dari meningkatkan proses bisnis dan merampingkan manufaktur untuk meningkatkan komunikasi tenaga kerja dan efisiensi. Informasi tambahan tentang Xeo Software tersedia di www.xeosoftware.com atau dengan menelepon 800-910-7871. Maurice McIver, Xeo CEO Software mengatakan, "kami Dashboard Bisnis dirancang khusus untuk acara di mana seorang eksekutif perusahaan perlu untuk menyajikan tren kinerja untuk kelompok. Tapi itu akan bekerja sama dengan baik untuk siapa saja yang perlu untuk berbagi metrik bisnis dengan para pemangku kepentingan."

B.     PAAS (PLATFORM AS A SERVICE)
PaaS adalah layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang hanya dapat berjalan di atas platform tersebut. PaaS juga memiliki keterbatasan dimana pengguna tidak memiliki kendali terhadap sumber daya memory, storage, processing power dan lain-lain. Pionir PaaS adalah Google AppEngine yang menyediakan aplikasi di atas platform Google dengan bahasa pemrograman Phyton dan Django.
Contoh layanan PaaS:
1.      Engineyard.com
Gambar 6. Engineyard.com
Gambar 7. Engineyard.com 
Engine Yard didirikan pada tahun 2006, menawarkan platform manajemen aplikasi cloud. Engine Yard, co-pendiri termasuk Tom Mornini, Lance Walley dan Ezra Zygmuntowicz.  John Dillon bergabung Engine Yard, sebagai CEO pada tahun 2009, dan sebelumnya memegang posisi CEO di Salesforce.com dari tahun 1999 sampai 2001.
Pada bulan Agustus 2011, Engine Yard, diperoleh Orchestra.io untuk menambahkan PHP keahlian untuk tim Engine Yard, dan platform. Pada bulan September 2011, perusahaan meluncurkan program mitra yang mencakup lebih dari 40 perusahaan teknologi cloud.mitra ini menyediakan add-on layanan seperti manajemen kinerja aplikasi, email deliverability, pengujian beban dan lebih, dalam Engine Yard, Platform.
Juni 2013, Engine Yard, membentuk aliansi strategis dengan Microsoft dan pergi tinggal di Windows Azure pasar pada tanggal 31 Juli 2013. Pengembang dapat menggunakan open source ini platform-as-a-Service yang berjalan pada infrastruktur cloud Microsoft untuk menyebarkan web dan aplikasi mobile.
Pada April 2015, Engine Yard, mengumumkan akuisisi OpDemand dan kontainer mereka PaaS Deis. Engine Yard, mensponsori beberapa proyek open-source , termasuk Vertebra (software).
2.      Apprenda.com
Gambar 8. Apprenda.com
Gambar 9. Apprenda.com
Apprenda adalah perangkat lunak komputer perusahaan yang menyediakan platform as-a-service (PaaS) perangkat lunak untuk membantu perusahaan membuat, memperbarui, dan mengelola awan swasta dan publik aplikasi berbasis.
Apprenda didirikan pada tahun 2007 di Clifton Park, New York, Amerika oleh Matt Ammerman, Sinclair Schuller, dan Abraham Sultan. Schuller dan Sultan kedua lulus dari Rensselaer Polytechnic Institute, dan Ammerman lulus dari University at Albany, SUNY. Schuller, CEO perusahaan, yang sebelumnya bekerja di TI, mengembangkan aplikasi untuk bank-bank besar. 
Software PaaS Apprenda ini ditujukan terutama pada pengembang yang bekerja untuk organisasi seperti bank, perusahaan asuransi dan penyedia layanan kesehatan, untuk membangun dan mengelola aplikasi baru, dan untuk memindahkan aplikasi yang ada ke awan. Tidak seperti lainnya PaaS penyedia, yang berjalan software di awan publik, software Apprenda ini berjalan di private cloud. Karena masalah privasi, perusahaan seperti bank dan penyedia layanan kesehatan umumnya lebih memilih untuk menggunakan private cloud. Dengan kemitraan dari Apprenda ini OneCloud Alliance bertujuan untuk memastikan interoperabilitas dan portabilitas, perusahaan dapat memindahkan aplikasi yang ada baik awan publik (yaitu Amazon Web Services atau Microsoft Azure), awan pribadi mereka sendiri, atau untuk campuran publik dan swasta.Teknologi ini mampu menggeser aplikasi Java dan .NET dari tunggal untuk multitenancy.
3.      Netsuite.com
Gambar 10. Netsuite.com
Gambar 11. Netsuite.com
Netsuite Inc adalah  komputasi awan perusahaan yang berbasis di San Mateo , California , Amerika, yang menjual sebuah kelompok eponymous dari layanan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola operasi bisnis dan hubungan pelanggan. Pelanggan dapat mengakses layanan ini melalui internet, melalui browser yang paling internet, memastikan akses dari mana saja di dunia. Layanan Netsuite ditujukan untuk usaha kecil menengah, meskipun perusahaan besar juga bisa mendapatkan keuntungan dari konsolidasi ERP , CRM dan e-commerce fitur. Perusahaan ini diakuisisi oleh Oracle Corporation pada akhir 2016. Netsuite didirikan pada tahun 1998 oleh Evan Goldberg sebagai NetLedger, software akuntansi web-host. Oracle perangkat lunak berlisensi di bawah bendera.
C.    IAAS (INFRASTUCTURE AS A SERVICE)
IaaS terletak satu level lebih rendah dibanding PaaS. Ini adalah sebuah layanan yang "menyewakan" sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan dan lain-lain, yang dapat digunakan oleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya. Model bisnisnya mirip dengan penyedia data center yang menyewakan ruangan untuk co-location, tapi ini lebih ke level mikronya. Penyewa tidak perlu tahu, dengan mesin apa dan bagaimana caranya penyedia layanan.
Contoh layanan IaaS:
1.      Fujitsu.com
Gambar 12. Fujitsu.com
Gambar 13. Fujitsu.com
Fujitsu sebagi salah satu perusahaan yang menyediakan solusi cloud, mengatakan pihaknya masih mengarah ke cloud dengan Infrastructure as a Service (IaaS). “Kami arahnya ke Infrastructure as a Service (IaaS) daripada yang software as a Service (SaaS), “jelas Presiden direktur Fujitsu Indonesia, Achmad Sofwan di Shangri-La, Jakarta, Selasa (9/10/2012).
Fujitsu  adalah sebuah perusahaan Jepang yang mengkhususkan diri dalam semikonduktorkomputer (superkomputer, komputer pribadi, server), telekomunikasi, dan jasa.
Di Indonesia, Fujitsu lebih dikenal dengan produk-produk notebook tipis, LCD TV/monitor layar lebarharddisk kecil untuk notebook, dan pemindai digital dengan Automatic Document Feeder (ADF).
Fujitsu membuat produk pemindai digital dengan target pasar perusahaan yang membutuhkan solusi pengarsipan dan manajemen dokumen secara digital. Namun ternyata dengan kehadiran perangkat lunak Digital Mark Reader (DMR) sebagai solusi pemeriksaan LJK pengganti OMR, pangsa pasar scanner Fujitsu kini telah merambah lembaga pendidikan seperti sekolah-sekolah, universitas, dinas pendidikan di kota-kota besar hingga di pulau terpencil. Tidak hanya itu, sejak tahun 2005 pemindai Fujitsu juga telah digunakan untuk memproses jutaan lembar LJK setiap tahunnya, untuk pemeriksaan seleksi CPNS, Try Out Ujian Nasional, ujian Penerimaan Siswa Baru (PSB), registrasi dan kuesioner mahasiswa di beberapa universitas ternama, serta keperluan lain di bidang industri perangkat lunak, perbankan hingga otomotif.
2.      NaviSite.com
Gambar 14. Navisite.com
Gambar 15. Navisite.com
NaviSite menawarkan berbagai dikelola, berbasis cloud, Infrastruktur-as-a-Service (IaaS) solusi. Kami memiliki pengetahuan dan keahlian untuk membantu organisasi Anda memaksimalkan manfaat dari fleksibel, awan atau hybrid lingkungan elastis, tanpa mengorbankan keamanan, visibilitas, kehandalan atau fungsi.
Selama 15 tahun terakhir, para ahli NaviSite ini telah dioptimalkan platform yang NaviCloud Managed kami untuk menawarkan fungsionalitas lengkap dari hypervisor VMware kuat melalui NaviSite ini ramping, Portal Proximity pelanggan .Platform ini mendukung kompatibilitas maksimum dengan array kita perusahaan kelas, managed services.
NaviCloud berhasil menerima server diandalkan awan, penyimpanan, jaringan, bandwidth dan banyak lagi dengan 24/7/365 NaviSite monitoring dan manajemen tanpa mengorbankan visibilitas, keamanan atau fungsi. ahli NaviSite ini menangani banyak kritis, tapi memakan waktu, aspek taktis memelihara infrastruktur cloud, memungkinkan tim TI inti Anda untuk fokus pada inisiatif strategis dan inovasi bisnis.
Sebagai berpengalaman, dikelola penyedia multi-awan, NaviSite menawarkan dua Managed Cloud platform unik untuk memilih dari: Managed NaviCloud ® dan Managed Azure ®. Platform NaviCloud Dikelola NaviSite ini memanfaatkan hypervisor VMware kuat dan dirancang untuk mengintegrasikan dengan portofolio kami yang lebih luas dari penawaran layanan yang dikelola. Berhasil Azure menawarkan skalabilitas yang cepat dari awan aplikasi asli ke sebagian besar pusat data di seluruh dunia Microsoft serta integrasi sederhana dengan banyak lainnya solusi Microsoft bertenaga. Kedua platform membantu organisasi memanfaatkan fleksibilitas cloud untuk membebaskan tim IT inti mereka dari kritis, tetapi memakan waktu tugas taktis, sehingga mereka dapat fokus pada tujuan strategis dan inovasi mengemudi.
3.      Nec’sCloud.com

Gambar 16. Nec’scloud.com
Gambar 17. Nec’scloud.com
NEC IaaS memberikan fungsionalitas datacenter canggih untuk mengaktifkan canggih komputasi off-tempat, yang memungkinkan perusahaan untuk menambah atau mengganti infrastruktur berbasis premis untuk meningkatkan skalabilitas, kelincahan, fleksibilitas, ketahanan dan keamanan untuk mewujudkan berbagai model penghematan keuangan. Sebagai infrastruktur teknologi inti OEM NEC adalah dalam posisi yang unik untuk membantu klien kami uang manfaat dari investasi teknologi kami.Pendekatan kami sebagai Original Equipment Manufacturer memastikan bahwa kita dapat menggabungkan canggih Pengolahan, Penyimpanan dan Software Defined Networking, ke dalam infrastruktur terkonvergensi yang optimal, yang dirancang untuk memenuhi berbagai TI persyaratan IaaS.




DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIREWALL

FIREWALL A. FIREWALL Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk me...