Selasa, 20 September 2016

KEGIATAN YANG MENDUKUNG DAN MENERAPKAN GREEN COMPUTING

PENERAPAN GREEN COMPUTING DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Green Computing Pada Data Center
Data Center memiliki beberapa permasalahan, yaitu mahalnya biaya maintanence, biaya operasional lalu ada juga Permasalahan pada konsumsi listrik, pendingin, dan ruangan. Namun dengan penerapan green computing hal itu dapat diselesaikan dengan penerapan berbagai hal berikut:
Teknologi Server Hemat Energi
Yaitu dengan pengaturan clock processor, jika task tidak banyak , maka clock processor dikurangi. Hal ini berguna untuk efisiensi kinerja processor.Teknologi ini terdapat pada Intel (speedstep), AMD (coolnow), Sun Microsystem (coolthread).Keuntungan yang diperoleh dengan teknologi ini adalah hemat energi, karena panas rendah. Dengan panas rendah, maka energi pendingin yang dibutuhkan juga rendah.
Teknologi Virtualization
Dengan Teknologi Virtualization dari sebuah mesin didalamnya memiliki tiga mesin namun secara virtual keuntungan yang didapat dengan teknologi ini adalah hemata ruang, energy, kabel, dan optimalisasi mesin.
Teknologi Blade Server
Teknologi ini yaitu teknologi yang membuat tampilan server dengan bentuk fisik horizontal, dikarenakan Bentuk ini dirasa lebih hemat ruang, kabel, dan energi dibandingkan bila bentuk fisiknya vertikal.
Data Center Power Efficiency Metrics
Yaitu adalah teknologi untuk penghematan penggunaan energi , dengan dua parameter: PUE (Power Usage Efficiency), DCE (Data Center Efficiency).Hasil pengukuran Lawrence Berkeley National Labs terhadap 22 data center, menunjukkan nilai PUE antara 1,3 hingga 3,0.

Green Computing Pada Workstation
Biasanya pada sebuah perkantoran workstation merupakan penyedot energy terbesar, namun dengan solusi berikut yang berpatokan pada green computing hal tersebut dapat diakali :



Teknologi Power Management
Teknologi yang terdapat pada BIOS ini melalui ACPI (Advanced Configuration & Power Interface) akan memotong penggunaan energ rata-rata sebesar 25% konsumsi energy.
Tim Klien
Dengan Tim Klien konsumsi energi hanya sebesar 50%
Ganti Desktop PC Dengan Laptop
Dengan pergantian Desktop PC dengan laptop jelas penggunaan energy pada workstation akan berkurang besar, dikarenakan konsumsi energy laptop lebih kecil.

Green Computing Pada Lingkungan kerja
Dengan penerapan green computing pada lingkungan kerja kita dapat menghemat biaya maintenance, operasional, energy, dan juga transportasi. Untuk penerapanya ada 3 pilihan :
Skype, solusi voip
Solusi IM (Instant Messaging)
Solusi unified communication (voip + IM)
Green Computing Pada Diri Sendiri
Green computing pada diri sendiri adalah hal yang kita bisa lakukan pada sehari harinya, misalnya dengan menggunakan komputer daur ulang atau menggunakan komputer dulu yang di upgrade specnya, menggunakan kertas daur ulang untuk memprint, gunakan layar monitor seperlunya. Inti dari green computing pada diri sendiri adalah penggunaan energy secara hemat dan efisien.
Manfaat Green Computing
-Menghemat daya dan Hemat listrik
-Memperpanjang usia perangkat computer
-Mengurangi emisi karbondioksida
-Membutuhkan sedikit hardware
-Penghematan kertas
-Terhindar dari Krisis listrik berlanjut
-Memelihara Lingkungan agar menjadi lebih baik
-Ramah lingkungan
Untuk mengatasi masalah yang ada pada komputer agar ramah lingkungan dan menambah efisiensi energi dapat menggunakan cara seperti:
Material Komputer
Komputer desktop atau peralatan elektronik yang telah usang biasanya di buang begitu saja tanpa cara – cara pembuangan yang benar, hal itu menyebabkan kandungan bahan kimia yang berbahaya mencemari lingkungan dan berdampak buruk bagi manusia. Selain di buang ternyata alat elektronik yang digunakan termasuk komputer juga dapat menimbulkan hal yang buruk bagi manusia, beberapa zat yang berbahaya pada komputer desktop adalah Timbal, PVC, Retardan, Kromium, Merkuri, Berilium, Kadmium, Arsenic. Material atau bahan pembuatan komputer yang digunakan sepertinya masih banyak menggunakan bahan campuran atau kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan kelangsungan hidup makhluk lain dan juga alam. Peningkatan kemajuan di dunia teknologi juga memikirkan untuk mengganti bahan berbahaya menjadi bahan yang ramah lingkungan. Negara uni eropa telah mengeluarkan regulasi RoHs atau Restriction of Hazardous Substances yang membatasi penggunaan timbal dalam komputer, jadi setiap komputer kini di beri tanda RoHS jika bebas timbal. Kini telah banyak produsen PC atau laptop yang menggunakan teknologi Green Computing seperti Laptop Eco Friendly yang diproduksi Asustek. Rangka laptop ini terbuat dari bamboo yang tersedia di Asia dan tumbuhan ini dapat tumbuh dengan cepat. Contoh perusahaan lain adalah MicroPro yang mengeluarkan produk yang memiliki komponen biodegradeable.
Energi Efisien
Solusi lain adalah mengganti komponen - komponen yang menggunakan energi kurang intensif, seperti PSU yang lebih efesien. Pasokan listrik komputer yang dibuat kadang tidak dibuat untuk hemat energi melainkan mengkonsumsi banyak energi dari yang di butuhkan maka muncul program sertifikasi 80 Plus yang memastikan produsen PSU untuk menyatakan bahwa sistem listrik mereka hanya menggunakan jumlah daya yang sistem butuhkan. Jadi jika komputer butuh energi 30% maka hanya akan memasok 30% dan jika beban bertambah maka sistem secara otomatis menambah pasokan yang diperlukan, hal ini dapat menghemat tagihan listrik.
Beberapa hal lain yang dapat dilakukan dalam menghemat energi dan memanfaatkan energi secara efisien yaitu:
-Menyalakan dan mematikan komputer atau monitor akan mengurangi masa hidup komputer dan monitor itu tergantung dari jumlah waktu saat digunakan bukan dari jumlah nyala dan mati secara terus menerus.
-Buatlah rencana aktifitas yang menggunakan komputer jadi bisa dikerjakan sekaligus dan bisa mematikan komputer diwaktu lain.
-Tidak menyalakan printer kalau belum siap untuk melakukan print, printers menggunakan energi walaupun dalam keadaan idle.
-Mengurangi melakukan print – out kopian email kecuali dibutuhkan.
-Jika butuh waktu lama menggunakan komputer maka kurangi intensitas cahayanya.
-Jangan memakai screen saver, matikan monitor jika tak terpakai.
-Komputer saat ini telah memiliki fitur hemat energi dan pastikan fitur dalam keadaan hidup.
-Jangan meninggalkan komputer dalam keadaan hidup di malam hari dan hari libur dan nyalakan jika benar – benar ingin digunakan.
-Gunakan metode bebas kertas untuk komunikasi seperti email dan messenger.
-Belilah monitor dengan ukuran yang memang dibutuhkan, karena semakin besar monitor semakin besar pula energi yang di perlukan.
-Belilah tinta organik, tinta ini dibuat dari bahan yang dapat diperbaharui, tidak mengandung bahan berbahaya seperti bahan kimia, dan pada banyak kasus lebih jernih dan terang warnanya.
-Belilah kertas yang dapat di lakukan daur ulang yang bebas klorin.
-Gunakan alat cetak yang dapat mencetak di kedua sisi dokumen. Saat butuh cetakan gunakan cetakan kedua sisi.
Virtualisasi
Virtualisasi komputer mengacu pada abstraksi dari sumber daya komputer, seperti proses menjalankan dua atau lebih sistem komputer pada satu set perangkat keras. Konsep ini berasal dari sistem operasi mainframe IBM pada tahun 1960, tapi di komersialkan untuk komputer kompatibel pada tahun 1990. Dengan virtualisasi seorang administrator sistem dapat menggabungkan beberapa sistem fisik ke mesin virtual pada satu sistem tunggal, dengan demikian mengurangi penggunaan hardware tambahan dan mengurangi konsumsi energi serta alat pendingin. Beberapa perusahaan komersil dan terbuka untuk umum menawarkan perangkat lunak untuk memungkinkan transisi ke komputasi virtual. Intel dan AMD juga telah membangun tambahan virtualisasi eksklusif untuk x86 kedalam produk CPU mereka, dalam rangka menyediakan fasilitas komputasi virtual.
Jenis - jenis virtualisasi perangkat keras:
-Para – virtualisasi: perangkat keras tidak disimulasikan tetapi perangkat lunak tamu berjalan dalam domain sendiri seolah – olah dalam sistem yang berbeda. Dalam hal ini perangkat lunak tamu perlu disesuaikan untuk dapat berjalan.
-Virtualisasi sebagian: tidak semua aspek lingkungan disimulasikan, tidak semua perangkat lunak dapat langsung berjalan, beberapa perlu disesuaikan untuk dapat berjalan.
-Virtualisasi penuh: hampir menyerupai mesin asli dan mampu menjalankan perangkat lunak tanpa perlu di ubah.
Virtualisasi perangkat keras berbeda dengan emulasi perangkat keras. Pada emulasi sebuah perangkat keras meniru perangkat keras lain, sedangkan pada virtualisasi perangkat keras yaitu hypervisor meniru kerja perangkat keras tertentu atau bahkan secara keseluruhan.
Daur Ulang atau Recycling
Komputer yang sudah tidak terpakai bisa menjadi sumber yang berharga untuk bahan baku dan sangat berbahaya dan menimbulkan racun jika tidak dilakukan dengan benar. Perubahan teknologi yang sangat cepat, biaya yang murah untuk membeli komputer baru, dan perencanaan masa depan yang buruk dalam pembuangan mengakibatkan masalah yang besar di seluruh dunia. Banyak bahan yang digunakan dalam membuat hardware komputer dapat dipulihkan dengan proses daur ulang untuk digunakan kembali pada produksi di masa depan. Timah, silikon, besi, alumunium, dan berbagai plastik yang kesemuanya berjumlah besar pada komputer dapat digunakan kembali untuk mengurangi biaya membuat komputer baru. Selain itu, komponen sering mengandung tembaga, emas, dan bahan lain yang cukup berharga namun didalamnya juga terkandung zat beracun seperti dioxin, PCBs, kadmium, kromium, radioaktif, dan merkuri.
Beberapa langkah dibawah dapat diterapkan untuk mengurangi dampak pada lingkungan:
-Consumer recycling
Daur ulang jenis ini bisa menjual komputer, menyumbangkan ke organisasi yang membutuhkan, mengirim kembali ke produsen aslinya, atau di refurbish.
-Bussiness recycling
Organisasi bisnis mencari cara yang efektif untuk mendaur ulang, data yang tersimpan dalam perangkat bisa berisi data penting dan harus di hapus dengan benar sebelum di daur ulang karena sama seperti consumer, organisasi bisnis jg dapat menjual kembali perangkat yang tidak digunakan atau dikembalikan kepada pembuatnya.
-Sale
Cara ini digunakan jika komputer masih layak pakai dan masih dalam keadaan normal.
-Donation
Banyak organisasi memilih untuk menggunakan kembali komputer usang. Organisasi ini biasanya melakukan refurbish untuk komputer yang masih bisa digunakan. Hasilnya bisa dijual sangat murah bahkan gratis untuk sekolah, orang yang butuh, dan organisasi non – profit.
-Takeback
Metode yang dikeluarkan oleh produsen untuk pembeli terakhir dengan memberi jaminan tanpa bayar jika produk atau barangnya sudah sangat usang dan tidak ingin di pakai kembali.
-Exchange
Sama seperti metode takeback namun barang yang di berikan konsumen di tukar dengan barang terbaru dengan menambah sedikit uang.
-Scrapping
Pemisahan menjadi bagian per bagian komponen komputer untuk diambil material yang berharga dan sisanya di hancurkan di mesin konveyor.
VoIP
Voice over Internet Protocol ( VoIP ) yaitu teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket – paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Dengan penurunan penggunaan kabel telepon jelas akan mengurangi penggunaan limbah logam.
Cloud Computing
Cloud Computing adalah penyampaian komputasi dan kapasitas penyimpanan ( storage ). Cloud yang di maksud adalah metafora dari internet. Cloud computing mempercayakan penyedia jasa dengan akses data perangkat lunak pengguna dan komputasi melalui jaringan. Pengguna dapat mengakses melalui web browser atau mobile desktop dan bahkan smart phone untuk mengelola data yang disimpan di server yang berada di lokasi yang jauh.
-Sumber daya virtualisasi memungkinkan terjadinya efisiensi energi dan sumber daya.
-Otomasi perangkat lunak konsolidasi memaksimalkan pemanfaatan untuk mendorong efisiensi.
-Pay per use mendorong perilaku yang lebih efisien dalam siklus hidup manajemen pengguna. Pengguna jadi terfokus mengkonsumsi apa yang mereka butuhkan dan tidak lebih.
-Multitenancy memberikan efisiensi skala manfaat untuk organisasi dan unit bisnis. Multitenancy memungkinkan organisasi yang berbeda atau banyak unit bisnis yang berbeda dalam organisasi yang sama untuk mendapatkan keuntungan dari infrastruktur berbasis awan.
Contohnya pada bagian komputer yang sudah tidak berfungsi dengan baik dicopot dan digunakan pada komputer yang memerlukannya
-Menggunakan kertas yang mudah didaur ulang, contohnya kertas koran
-Melakukan Green Computing pada beberapa sektor IT yang membutuhkan, contohnya pembaharuan hardware untuk pemanfaatan energi agar tidak terbuang
-Menggunakan komputer dan alat elektronik lainnya dengan baik atau terkontrol, contohnya mematikan alat elektronik daripada di stand-by
-Gunakan komputer dan alat-alat elektronik lainnya yang mengikuti program Energy Star, yaitu sebuah program sertifikasi yang hemat energi
-Mendaur ulang cartridge tinta printer yang tidak digunakan lagi

1 komentar:

FIREWALL

FIREWALL A. FIREWALL Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk me...